Minggu lalu saya ke halal store, dah lama gak beli daging, gak tau kenapa kali itu kepengen aja beli daging, mau di masak apa.. Itu sich urusan belakangan….seperti biasanya yang penting beli dulu, soal menu urusan ntar2 aja :) hehehe…..

 

Ada veal, say abeli 2 pound, lalu beli daging jug a2 pound..

Nah hari ini udara lumayan cerah, bahkan cenderung panas, suhu mencapai 19’C dan matahari bersinar ceraaah sekali, jadi suasana hari emang ceria, maklum hari sabtu,,,jadi bak remaja yang menghadapi akhir pekan…

 

Nah, pagi2 kemaren saya sdh jemur itu daging dan kering banget, karena emang udara yang kelembabannya rendah jadi apa2 cepat kering…..

Hari ini..siap dech mau goreng komforrrr sambil masak dendeng balado….

 

Dua jagoanku ,sebenarnya tidak setuju dimasakin dendeng , mereka mauny adibikin steak aja….

Tapi kan mak nya mau makanan kampoeng karena lidahny aemang lidah orang udik.

Sementara yang kecil..karena dia memang sudah hampir mengakhiri masa remajanya jadi sangat perhatian dengan asupan daging, pengin lengannya da speernya gitu lho, gak percuma tiap pagi latihan barbel, jadi maunya emang daging dibanyakin tapi si emak, lg mengurangi makan daging merah, jadi ya anak dan emak   tawuran bak anak2 sma di jakarta hihiihihi……

 

Ya sudah pokoknya akhirnya yg sulung dan yang bungsu mengalah dengan selera emaknya….

 

Dan yuk kita ke dafour goreng komfooor sambil nyiapin menu makan siang……kalau kebanyakan cerita kapan masaknya donggggg…

Ech ini dendeng akal2an saya ya , karena saya gak punya air kelapa, juga lagi gak punya sprite.

Karena biasanya kalu pengen dendeng dan gak punya air kelapa saya gantikan dengan menggunakan sprite……..

Kali ini memanfaatkan apa yang ada didapoer, dan hasilnya ternyata sama uenaknya…dan sama yummynya, gak percaya?????? Coba aja sendiri :)

 DSC_0651 DSC_0659

 

Bahan2nya :

 

2 pond daging (terserah mau daging apa) sy  sendiri bingung itu has dalam atau luar, gak ada keterangannya, sudah dipotong2 dan dibungkus soalnya, tinggal di timbang dan angkuttt (emang metro mini ya?? :D)

Ulek halus bumbu dibawah ini:

1/2 st garam

Seruas jahe

3 siung bawang putih.

 

Tumbuk kasar bumbu dibwah ini :

25 buah cabe merah, karena disini gak ada cabe merah segar saya pake cabe kering direndam dulu biar lembut kembali.

10 siung  bawang merah yang  besar2

2 siung bawang putih

 

 

1 sm gula merah

5 sm air jeruk nipis.

Campur kedua bahan diatas, kasi air aduk hingga gula larut, sisihkan

Minyak untuk menggoreng

 

Cara memasaknya :

 

Cuci bersih daging, iris tipis2, taruh diwadah , kasi 2 sm air jeruk nipis, dan bumbu halus ,aduk2 hingga merata, diamkan 15 menit. Kemudina susun di wadah dan jemur dipanas matahari hingga kering.

 

Panaskan minyak di wajan, goreng irisan daging hingga matang, angkat sisihkan.

 

Kurangi minyak  bekas menggorneg daging, masukkan bumbu yang sudha di tumbuk kasar (cabe, bawangmerah, bawang putih), masak hingga matang, masukkan   garam, aduk hingga semua tercampur rata, lalu masukkan larutan jeruk dan gula, aduk2 kembali hingga semua tercampur rata, dan terakhir masukkan irisan daging goreng aduk2 sebentar… angkat, hidangkan dengan nasi hangat…

Hmmmmmm …yummy .

 

 

Boleh juga ditambahkan sebuah tomat, tapi karena saya gak punya tomat jadi ini dendeng tanpa tomat.

 

Maaf ya buat yang punya resep (orang padang), resepnya diacak2 oleh bu Enny…karena seperti biasanya itu memang kebiasaan saya, resep itu gak afdol dech rasanya kalau gak di bongkar pasang …. :D hehehe.

About these ads